Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Sekretari di ASM Ariyanti

Isi Artikel Utama

Hafid

Abstrak

Kepuasan pengguna jasa pendidikan menjadi sangat penting bagi kemajuan sebuah institusi pendidikan, sebagaimana bagi sebuah perguruan tinggi maka kepuasan mahasiswa sebagai pengguna jasa utama menjadi tonggak bagi keberlangsungan suatu perguruan
tinggi. Hal ini dikarenakan kepuasan mahasiswa akan berdampak pada loyalitasnya terhadap perguruan tinggi tersebut. Seorang pengguna jasa (mahasiswa) yang loyal akan menjadi aset yang sangat bernilai bagi suatu perguruan tinggi, karena mahasiswa akan
bersedia mempromosikan perguruan tinggi tersebut kepada orang lain, memberikan umpan balik positif terhadap institusi pendidikan, mengurangi pengaruh serangan dari para competitor institusi sejenis (bargaining position), serta meningkatkan citra positif dari institusi tersebut, maka dari itulah penelitian ini penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik yang dilakukan oleh Prodi Sekretari ASM Ariyanti terhadap kepuasan mahasiswanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode pengambilan sampel jenuh, yakni sebanyak 72 orang mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji t terdapat 2 variabel berpegaruh yaitu variabel Responsivenss (ketanggapan) dan Tangible
(bukti fisik), sedangkan variabel Reliability (keandalan), Assurane (Kepastian) dan Emphaty (empati) tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasi swa. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari Reliability (keandalan), Responsivenss (ketanggapan), Assurane (Kepastian), Emphaty (empati) dan Tangible (bukti fisik) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kesimpulannya, kualitas layanan bagian akademik pada dasarnya berpengaruh terhadap
kepuasan mahasiswa, hal ini dipengaruhi oleh bagaimana kampus mengelola kualitas layanannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hafid, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Sekretari di ASM Ariyanti. Indonesian Journal of Office Administration, 4(1), 87–99. Diambil dari https://www.jurnal.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/50
Bagian
Artikel

Referensi

Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia. Jakarta: Salemba empat.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. England: Pearson Education Limited

Kotler, Philip dan Keller, Kevine Lane. (2016). Marketing Management 15th Edition. United State of America: Pearson Education Limited

Lupiyoadi, Rahmat. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Gregorious Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy Ph.D, (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zabidi, Yasrin. (2001). ”Supply Chain Management”. Institut Teknologi Semarang.